Wednesday, February 11, 2009

Convert File OpenOffice ke File Ms Office

Suatu hari saya dapet email yang berisi lampiran file berextensi odt (*.odt). Setelah didownload ternyata file tersebut tidak dapat di buka di komputerku. Sempat mikir file apakah gerangan..., setelah nyari di google gk taunya gw sendiri yang gaptek gk pernah pake linux atau OpenOffice. File tersebut rupanya extensi dari OpenOffice dan sama dengan doc pada Ms Office. Lalu bagaimana caranya agar file .odt bisa dibuka di Ms Office? pastinya harus diconvert terlebih dahulu, salah satu converternya adalah NW Docx Converter yang bisa di download pada link dibawah ini : 


Cara kerja Converter ini adalah menconvert file extensi .odt menjadi extensi .rtf sehingga dapat dibuka dengan Ms Office. Caranya dengan membuka file tersebut kemudian di save as dengan extensi rtf.

Ada satu lagi cara yang digunakan untuk mengconvert file odt tapi dilakukan secara online yaitu pada situs http://www.zamzar.com/ . Caranya dengan mengupload file kita ke situs tersebut kemudian pilih hasil convertnya dan masukan alamat email anda, selanjutnya convert. Tunggu beberapa saat, situs tersebut akan mengirimkan file hasil convert ke alamat email anda. Selain file extensi odt yang sama dengan doc yang dapat diconvert, ada juga file extensi ods yang pada Ms Office merupakan file ecxel (.xls)

2 komentar:

sebenarnya di word 2007 bisa langsung dibuka dan disimpan file dalam tipe .odt dengan memanfaatkan addins. selengkapnya di : http://shareevhidayat.wordpress.com/2009/03/24/membuka-dan-menyimpan-file-odt-langsung-dari-word-2007/

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More